Tempat wisata Medan Sumatera Utara


Kota medan merupakan kota terbesar di Sumatera. Keindahan kota dan alam Medan, Sumatera Utara, tentu sudah tidak diragukan lagi.  Jika kalian ingin berlibur di kota ini kalian bisa menggunakan Mobil Toyota Hiace, karena mobil ini sangat cocok untuk kegiatan wisata, Toyota Hiace juga didesain untuk perniagaan sarana transportasi. Oleh karena itu, Hiace hadir dengan ukuran yang cukup besar dan punya 16 jok penumpang. Berikut beberapa tempat wisata Medan, Sumatera Utara.

1.      Air Terjun Telaga Sibolangit
  
      Salah satu tempat wisata Medan yaitu Air Terjun Dwi Warna atau Air Terjun Telaga Sibolangit yang terdapat di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.  Sibolangit adalah pegunungan dengan hawa yang segar dan keindahan alam sangat eksotis. Air terjunnya ada dalam hutan Sibolangit. Sesuai namanya, air terjun ini memang mempunyai dua warna yaitu putih untuk air hangat dan biru untuk air dingin. Air yang tertampung dari pancurannya dibawah berwarna putih keabu-abuan dan air terjun yang jatuh dari atas berwarna biru muda. Di tempat Air Terjun Dwi Warna ini tidak hanya satu air terjun saja, namun tetapi ada tiga air terjun yang sangat menganggumkan.

2.      Danau Toba

Tempat wisata Medan salah satunya adalah Danau Toba. Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer.  Danau Toba mempunyai air biru jernih, dengan pegunungan hijau di sekelilingnya, dan udara yang sejuk. Di tengah Danau Toba ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Samosir, luasnya kurang lebih 647 kilometer persegi.Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Danau Toba juga dikelilingi oleh hutan pinus dan beberapa air terjun dan juga pemandian air hangat di dalam hutan.

3.      Pulau Samosir

Pulau Samosir menjadi salah satu tempat wisata Medan yang banyak dikunjungi. Pulau Samosir dengan Danau Toba menjadi satu dan tak terpisahkan karena letak pulau yang berada di tengah danau. Pesona alam yang masih alami dari Pulau Samosir menjadi daya tarik utama obyek wisata alam yang satu ini. Pulau ini memiliki tinggi 1000 meter di atas permukaan air laut. Di pulau ini juga terdapat dua buah danau kecil sebagai daerah wisata yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang yang mendapat julukan "danau di atas danau". Di pulau ini juga dapat belajar sejarah Suku Batak, terdapat pula baju, aksesoris, sampai dengan kain tradisional Batak yang dijual untuk wisatawan ataupun umum.

4.      Air Terjun Sigura-gura

Tempat wisata Medan berikutnya adalah Air Terjun Sigura-gura.  Air terjun ini merupakan Air terjun paling tinggi di Indonesia dengan suara air yang dapat terdengar sampai jauh dan aliran yang deras. Ketinggiannya mencapai 250 meter dan letaknya dekat dengan Danau Toba. Memiliki hawa sejuk dan menyegarkan. Air Terjun Sigura-gura memang mengalir dengan debit yang sangat deras. Air yang mengalir dan menjadi Air Terjun Sigura-Gura ini bersumber dari Sungai Asahan yang mana air Sungai Asahan ini datangnya dari Danau Toba. Sungai-sungai tempat aliran Air Terjun Sigura-Gura sudah banyak dijadikan ajang olahraga rafting. Kawasan Sigura-Gura merupakan wilayah yang dilalui Pegunungan Bukit Barisan. 

5.      Danau Linting

Tempat wisata Medan lainnya adalah Danau Linting. Danau Linting berlokasi di Kec. STM Hulu desa Sibunga-bunga Hilir Kabupaten Deli Serdang. Danau mungil yang memiliki nuansa mistis namun menyejukkan karena disekelingnya terdapat pepohonan dengan akar yang panjang, mistis sekaligus mempesona. Danau ini memiliki keindahan yang sangat mempesona. Danau ini memiliki air yang berwarna hijau. Danau unik ini memiliki warna hijau dan biru yang disekelilingnya terdapat batu cadas.Disini kalian dapat berendam di tepi danau dan merasakan relaksasi air panas sekitar 30 derajat celcius. Danau ini berair panas dan tidak berbau belerang.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.