Tempat Wisata Menarik yang ada di Cilacap


Cilacap berada di Jawa Tengah tepatnya di Banyumas berada di sepanjang jalur utara. Letaknya berbatasan dengan samudera hindia dan membuat Cilacap kaya akan pantai dan banyak wisata alam yang menarik. Kota ini merupakan tempat transisi antara budaya suda dan jawa,itulah yang menjadikan cilacap menjadi kota janda(jawa sunda). Dan inilah Tempat Wisata Menarik yang ada di Cilacap.

1.Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan adalah tempat perasingan narapidana dengan kasus besar di Indonesia. Pulau ini terletak di sebelah selatan Cilacap, untuk menuju kesini kalian bisa menggunakan kapal nelayan dari Teluk Penyu dengan jarak tempuh kira-kira selama 10 menit. Tetapi jangan salah, walaupun Nusakambangan merupakan tempat para narapidana kelas kakap. Namun, sebenarnya pulau ini menyajikan panorama alam yang mengagumkan, dan pulau ini memiliki daya tarik wisata tersendiri. Ada banyak sekali tempat wisata di pulau ini, antara lain hutan cagar alam, keindahan batu karang, hutan belantara, gua, benteng, serta pantai. Disini ada benteng Karang Bolong dan Benteng Pendem, sementara untuk pantai, ada Pantai Karang Pandan. Semuanya eksotis dan masih terlihat asri dan alami.

2. Banteng Pendem

Benteng Pendem merupakan wisata sejarah yang sayang untuk dilewatkan jika berada di Cilacap. Benteng yang berada diatas tanah 6.5 Ha ini masih berdiri kokoh sebagai saksi sejarah, benteng ini di bangun pemerintah Belanda pada kisaran tahun 1861-1879. Setelah Belanda berakhir, benteng ini dimanfaatkan tentara Jepang sebagai markas, kemudian setelah Jepang pergi, benteng ini juga sempat dijadikan markas TNI dan sempat dimanfaatkan sebagai markas untuk latihan pasukan KOPASSUS yang terkenal mengerikan itu.Sekarang, Bangunan Benteng Pendem ini masih kokoh berdiri, dengan dikelilingi parit. Konon di benteng Pendem ini terdapat terowongan juga yang menembus sampai samudra Hindia. Terowongan ini dapat digunakan prajurit untuk meloloskan diri jika situsasi terdesak.

3.Pantai Teluk Penyu

Pantai teluk penyu bisa dikatakan merupakan pantai yang menjadi andalan Kota Cilacap. Jaraknya sekitar 2 kilometer dari pusat kota.Ditempat ini kalian bisa berenang, menyelam, berjemur dan bermain banana boat, dan melihat ombak yang bergulung-gulung dengan indahnya.terdapat restoran-restoran seafood yang menjual aneka makanan yang menyajikan masakan lezat yang semakin menambah kelaparan perut anda, seperti cumi-cumi, dan ikan bakar yang maknyuss abiss. Untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga kalian, kalian bisa membelinya disepanjang pantai ini juga terdapat warung-warung yang menjual aneka ikan asin kering dan basah.

4.Sedekah Khas Laut Cilacap

Selain tampat wisata yang telah diuraikan diatas, Cilacap juga memiliki tradisi yang sampai hari ini masih tetap dijaga kelestariannya yaitu sedekah laut atau yang biasa dikenal dengan larung sesaji. Konon, Sedekah Laut adalah salah satu budaya di Cilacap yang sudah turun temurun berlangsung sejak zaman pemerintahan Adipati Cakrawerdaya III pada tahun 1817. Akan tetapi, tradisi tersebut sempat terhenti dan dihidupkan kembali semasa Bupati Poedjono Pranjoto pada tahun 1982 hingga saat ini.Sedekah laut merupakan acara tahunan dengan melakukan pelarungan sesaji berupa makanan dan kepala kerbau ke tengah laut. Acara ini biasa di laksanakan di teluk penyu, biasanya sebelum di larungkan sesaji di arak terlebih dahulu sepanjang perjalanan menuju teluk penyu.Tempat ini bisa dijadikan Tempat Wisata Menarik yang ada di Cilacap.

Nah,itulah beberapa Tempat Wisata Menarik yang ada di Cilacap. Kalian bisa menjadikan itu referensi untuk berlibur bersama keluarga. Tidak hanya memikirkan tempatnya , kalian juga perlu memilih mobil kesukaan keluarga yang nyaman untuk ditumpangi dan berkapasitas banyak yang pasti. Mobil Toyota Vellfire lah yang bisa menjadi piilihan keluarga kalian, karena mobil ini cukup berkapasitas banyak dan pastinya terbaik.







Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.