Tempat wisata Purwokerto yang ramai dikunjungi


Daerah kabupaten Purwokerto sangat luas dari dataran rendah sampai dengan dataran tinggi. Sehingga tak heran jika di Purwokerto menyimpan banyak sekali obyek wisata yang menarik. Jika kalian ingin berlibur di Purwokerto, kalian bisa menggunakan mobil Toyota Agya, karena mobil ini didesain minimalis sehingga sangat nyaman jika melaju di jalanan kota yang cukup ramai. Berikut beberapa tempat wisata Purwokerto yang ramai dikunjungi.

1.      Telaga Sunyi

Telaga Sunyi salah satu tempat wisata Purwokerto yang indah. Seperti namanya, telaga sunyi jauh dari keramaian. Telaga Sunyi Baturaden menyajikan pemandangan alam yang hijau sejuk dan air yang dingin segar. Tempat wisata Telaga Sunyi Baturraden adalah wisata yang memiliki latar belakang berupa pemandangan yang berupa air terjun kecil yang begitu cantik. 

Sama seperti wisata alam lainnya, tempat ini memiliki mitos tersendiri. Kalian dilarang berbicara kotor di kawasan ini. Untuk tiket masuk hanya dibandrol Rp.7.000. Letak Telaga Sunyi ini sekitar 3 km di timur kawasan Baturraden. Dengan kawasan telaga yang alami dan juga airnya yang dingin, kawasan ini merupakan tempat wisata alam yang patut kalian kunjungi jika sedang berlibur ke Purwokerto. 

2.      Pancuran Pitu

Tempat wisata Purwokerto yang tak kalah ramai dikunjungi adalah Pancuran Pitu. Sesuai namanya, Pancuran Pitu atau dalam bahasa Indonesia disebut Pancuran Tujuh merupakan sumber air panas bumi yang airnya terpancar langsung dari kaki Gunung Slamet berupa tujuh pancuran. Pancuran Pitu memiliki tinggi air tajuh sekitar 1 meter, yang menarik dari Pancuran Pitu adalah tujuh buah lengkungan air terjun yang tercipta akibat aliran air panas (belerang) secara terus menerus.

Air ini konon bisa menyembukan penyakit. Arena air yang ada di sini merupakan air dengan kandungan belerang yang tidak berbahaya dan baik untuk kesehatan.Lokasi wisata ini terletak di tengah hutan damar dan pinus yang berjarak sekitar 2,5 km arah barat Lokawisata Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah.Kalian tidak hanya bisa menikmati wahana airnya, tetapi juga menikmati pemandangan di sekitar yang akan menghilangkan rasa penat.

3.      Baturraden Adventure Forest

Merupakan tempat wisata Purwokerto yang berada di tengah hutan pinus kaki gunung Slamet. Disini anda dapat melakukan berbagai macam permainan outbond yang sangat seru dengan sensasi alam yang sangat sejuk. Pada wisata ini juga disediakan penginapan serta tenda yang disewakan jika anda ingin merasakan sensasi camping di hutan pinus. 

Wisata minat khusus dengan berbasis konsep ekowisata ini memang sedang digandrungi oleh msyarakat dalam segala umum saat-saat ini. Namun dalam wisata minat khusus Baturraden Adventure Forest kita akan mendapatkan nilai lebih seperti edukasi, konservasi, dan gerakan cinta lingkungan. Sehingga tidak mengherankan jika banyak wisatwan yang sangat berminat untuk menikmati wisata minat khusus ini

4.      Gunung Slamet

Tempat wisata Purwokerto berikutnya adalah Gunung Slamet. Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah dan merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.432 mdpl. Tentunya pendakian gunung ini akan memakan waktu yang cukup lama. Namun pemandangan indah akan selalu menemani perjalanan anda sampai menuju ke puncak tertinggi gunung Slamet.

Gunung Slamet dapat didaki melalu 3 jalur, lewat jalur sebelah Barat Kaliwadas, lewat jalur sebelah selatan Batu Raden dan lewat jalur sebelah timur Bambangan. Dari ketiga jalur tersebut yang terdekat adalah lewat Bambangan, selain pemandangannya indah juga banyaknya kera liar yang dapat ditemui dalam perjalanan menuju ke puncak slamet.

5.      Curug Cipendok

Tempat wisata Purwokerto salah satunya adalah Curug Cipendok. Letaknya di Desa Karangtengah, Cilongok, Banyumas, atau sekitar 25 km dari pusat kota Purwokerto. Curug dengan pemandangan yang masih alami ini memiliki udara yang sejuk, karena letaknya yang berada di dataran tinggi. 

Walau begitu, akses untuk menuju tempat wisata di Purwokerto ini ternyata sudah cukup bagus sehingga memudahkan untuk berkunjung ke curug ini. Curug Cipendok memiliki ketinggian sekitar 93 m dan masuk dalam wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur. Kesunyian disekitar curug ini juga masih terasa dimana belum banyak pengunjung yang datang menikmati keindahan alamnya.





Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.