Wisata Bogor


Berbagai tempat wisata di Bogor sungguh menarik minat banyak kunjungan wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Bogor menawarkan Anda pengalaman wisata alam yang memikat serta aneka hiburan dan permainan yang menggembirakan. Mencari spot terindah di berbagai tempat wisata lebih menyenangkan dengan Land Cruiser.

Mengingat lokasinya yang terbilang dekat dari ibukota negara, ada banyak kunjungan masyarakat Jakarta dan wilayah di sekitarnya ke Bogor, terutama di kala akhir pekan dan hari-hari libur. Sebagai sebuah wilayah geografis yang secara administratif terbagi dalam kotamadya dan kabupaten dan masuk dalam teritorial Jawa Barat, ada banyak tempat wisata di Bogor yang menghadirkan kenyamanan berekreasi tanpa memerlukan biaya besar. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Bogor yang direkomendasikan untuk anda :

Museum Etnobotani

Museum yang diresmikan sejak tahun 1982 oleh Menristek BJ Habibie pada masa itu memiliki koleksi sekitar 1700 benda dengan penomorannya masing-masing dan dipamerkan dalam ruang kaca. Benda-benda ini merupakan sampel yang digunakan para peneliti di berbagai daerah tatkala meneliti hubungan antara suku-suku asli suatu daerah di Nusantara dengan tumbuhan yang ada di sekitarnya.

Di Museum Etnobotani, Anda akan memperoleh banyak pengetahuan tentang aneka pemanfaatan tumbuhan oleh berbagai suku bangsa yang ada Indonesia. Salah satunya, pakaian suku pedalaman di Indonesia yang bahannya terbuat dari tumbuhan. Objek wisata Bogor yang satu ini sangat bermanfaat bagi para pelajar dan kalangan luas yang ingin menggali pengetahuan tentang Etnobotani.

Museum Pembela Tanah Air

Kota Bogor tidak hanya kaya akan tempat kulinernya, tetapi juga memiliki catatan sejarah dalam perjuangan Indonesia merdeka. Di masa penjajahan, Jepang pernah mengeluarkan sebuah dekrit untuk membentuk Tentara Sukarela Pembela Tanah Air (PETA) dengan maksud untuk membantu Jepang dalam menghadapi serangan Sekutu. Tetapi, korps tentara inilah yang akhirnya menjadi cikal bakal ketentaraan Indonesia dalam meraih kemerdekaan Indonesia dan mempertahankannya.

Anda akan mendapati banyak kisah perjuangan PETA menuju Indonesia merdeka tatkala berkeliling dalam museum Pembela Tanah Air ini. Ini penting untuk menumbuhkembangkan rasa nasionalisme yang kuat di tengah gempuran arus zaman yang telah melunturkan rasa kebangsaan banyak generasi muda Indonesia di masa kini.

Situ Gede

Situ Gede adalah tempat wisata harian di Bogor. Dikatakan demikian karena banyak masyarakat Bogor yang datang ke Situ Gede untuk memancing, berperahu, atau sekedar berjalan-jalan di areal hutan Situ Gede dan bersantai di sana.Selain itu, kawasan Situ Gede ini juga sering dijadikan sebagai salah satu lokasi pembuatan film atau sinetron yang pernah ditayangkan di televisi. Lokasi salah satu tempat wisata di Bogor ini berada persis di tepi Hutan Dramaga, sebuah hutan penelitian milik Departemen Kehutanan RI.

Warso Farm

Inilah objek wisata di Bogor bagi Anda yang menyukai buah durian. Warso Farm adalah sebuah perkebunan seluas 8,5 Ha dan merupakan pelopor dalam agrowisata durian di Indonesia. Terdapat sekitar 900 pohon durian di sana dengan varietas mencapai 19 jenis durian.

Tentu saja Anda tidak diperkenankan memetik buah durian dari pohonnya. Selain berkeliling dan memperoleh pengetahuan tentang durian, Anda dapat memesan dan menyantap hidangan buah durian pada tempat yang telah dipersiapkan, baik dalam bentuk jus durian atau memakannya langsung. Jika ingin membawa pulang durian sebagai oleh-oleh, Anda dapat memintanya pada pengelola di sana.

Kampung Budaya Sindangbarang

Diyakini, tempat wisata di Bogor yang satu ini telah eksis berdiri sejak abad ke-12. Berdasarkan Babat Pajajaran dan tertulis pula dalam pantun Bogor, Sindang Barang adalah keraton tempat tinggal salah satu isteri dari prabu Siliwangi. Inilah pilihan destinasi wisata budaya di Bogor bagi Anda yang ingin mengetahui kearifan lokal dari akar tradisi leluhur yang ada di sana.

Anda dapat menyaksikan bangunan rumah penghuni kampung yang sungguh seperti apa yang diriwayatkan pantun Bogor mengenai Sindang Barang di masa lampau. Ada pula panggung pementasan yang menyuguhkan kesenian asli Sunda Jawa Barat, seperti calung, tari-tarian tradisional, serta angklung gubrag. Di sini, Anda dapat menjumpai citra kasepuhan Sunda di masa lampau.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.