Wisata Di Jawa Timur


Ada banyak keunikan dari tempat wisata di Jawa Timur, di antaranya adalah pesona wisata alam yang memikat serta panorama laut yang menawan hati. Provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia ini memiliki ibukota yang juga merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Timur, Surabaya. Kota metropolitan Surabaya adalah wajah modern Jawa Timur saat ini dengan karakteristik budaya yang masih tetap dipertahankan.

Keunikan wisata Jawa Timur dapat dijumpai dalam sajian wisata kuliner Jatim dengan berbagai olahan makanan laut, kreativitas makanan daging, dan sejumlah makanan kuliner khas Jatim lainnya. Salah satu yang terkenal adalah sate Madura. Atau, Anda dapat pergi ke Mojokerto untuk mencicipi onde-onde yang enak di sana. Mencari kuliner dan juga berkeliling menjadi lebih seru dengan All New Yaris.

Akses menjangkau tempat-tempat wisata di Jawa Timur juga telah didukung dengan beragam moda transportasi serta infrastruktur yang baik. Bandara udara Djuanda adalah salah satu yang terbaik di Indonesia. Di Jawa Timur, Anda dapat dengan mudah mendapatkan bis umum, menaiki angkot, atau menyewa mobil untuk digunakan secara private, hingga taksi. Bahkan, opsi mengelilingi kota dengan becak atau ojek adalah hal yang dapat Anda temukan di sana. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Jawa Timur :

Taman Nasional Baluran - Situbondo

Taman Nasional Baluran terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, tepatnya di Banyuwangi bagian utara. Taman Nasional Baluran adalah padang savana terluas di pulau Jawa dengan spesies hewan dan tumbuhan yang beragam. Berkunjung ke lokasi ini membuat Anda seoalah berada di Afrika. Itulah mengapa Taman Nasional ini sering disebut sebagai Afrikanya Indonesia.
Di tempat wisata alam di Jawa Timur ini, Anda akan disuguhi pemandangan kawanan hewan yang hidup lepas seperti di Afrika dan juga pemandangan sekitar 444 jenis tumbuhan asli yang khas.

Pulau Sempu - Malang

Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang masih dalam satu lokasi dengan Pantai Sendang Biru, tepatnya di Desa Tambakrejo, Kabupaten Malang. Pulau Sempu merupakan cagar alam yang memiliki beragam ekosistem seperti hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah. Yang membuat Pulau Sempu ini istimewa adalah Laguna Segara Anakan yang terdapat di dalam pulau.

Untuk mencapai Segara Anakan ini, Anda harus melakukan trekking selama dua jam melalui hutan dan jalan yang curam. Karena air di sini sangat tenang, Anda bisa melakukan kegiatan berenang ataupun kamping bersama teman-teman. Tetapi karena Pulau Sempu termasuk cagar alam, sebaiknya Anda tidak mencemari lingkungan ini dengan membuang sampah sembarangan ataupun merusak ekosistemnya.

Ranu Kumbolo - Malang

Ranu Kumbolo berlokasi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di antara kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Ranu Kumbolo, Anda harus mempersiapkan kondisi fisik yang matang. Paling tidak, lakukan jogging dan olahraga ringan satu minggu sebelum keberangkatan, karena Anda harus trekking selama 4-5 jam untuk mencapai danau ini.

Tak perlu khawatir bosan karena selama perjalanan menuju Ranu Kumbolo Anda akan disuguhi pemandangan batuan terjal, bukit yang ditumbuhi pohon cemara dan pinus, juga kepulan asap tebal Gunung Semeru. Oh ya, Anda dilarang mandi, berenang, atau buang air di danau ini karena airnya super jernih dan dapat diminum langsung .

Pantai Klayar - Pacitan

Pantai klayar berlokasi di Kecamatan Donorojo. Tempat wisata alam di Jawa Timur ini terbilang masih alami, sehingga jalanan menuju pantai ini cukup sulit. Pantai Klayar adalah salah satu objek wisata unggulan di Pacitan. Keistimewaan Pantai Klayar selain pasirnya yang seputih susu, di sini terdapat batu karang yang bentuknya menyerupai Spinx dan air mancur alami dengan ketinggian mencapai 10 meter. Batuan karang yang ada di Pantai Klayar ini juga sering disamakan dengan karang di Tanah Lot, Bali.

Songa Rafting - Probolinggo

Bagi Anda yang menyukai kegiatan pemicu adrenalin, mengunjungi Songa Rafting adalah pilihan yang tepat. Songa Rafting berlokasi di Jalan Krajan Condong, Wangkal, Gending, Probolinggo.
Sungai yang digunakan untuk rafting adalah Sungai Pekalen. Ada dua paket wisata rafting yang dapat Anda pilih, yaitu Songa Atas dan Songa Bawah. Mengikuti trip Songa Atas, selama 2 jam Anda akan menikmati keindahan hutan hujan tropis, dengan udara yang sejuk dan beberapa fenomena alam seperti air terjun dan gua kelelawar. Sedangkan trip Songa Bawah, Anda akan mengarungi 34 jeram dengan berbagai level selama 2 jam.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.