Ini Gua Bao, Sandwich Khas Taiwan yang Mulai Populer


Suka sandwich dan bakpao? Anda harus cicip gua bao asal Taiwan ini. Teksturnya empuk halus, rasanya gurih enak.

Gua Bao merupakan camilan populer yang terdiri dari sepotong daging rebus berbumbu gurih yang diapit roti kukus polos berwarna putih. Orang Indonesia mengenalnya sebagai sandwich bakpao.

Di Taiwan makanan ini biasa dijajakan sebagai jajanan kaki lima, tetapi juga dijual di tempat khusus. Seperti ditemukan CNN Travel di restoran Lan Jia Gua Bao yang berada di distrik Gongguan, Taipei.
Di restoran ini Gua Bao menjadi menu spesial dan banyak dicari pelanggan. Sebenarnya Gua Bao adalah jalanan tardisonal di Taiwan. Namun, sudah banyak didapatkan di negara-negara lain bahkan hingga New York, Amerika Serikat yang mulai muncul pada tahun 2009.

Daging yang biasanya dipakai untuk isi Gua Bao adalah daging babi yang direbus terlebih dahulu. Selain itu Gua Bao juga dilengkapi dengan acar sayuran, kacang dan ketumbar bubuk. Roti kukus Gua Boa memiliki bentuk setengah lingkaran. Tampilan Gua Bao hampir sama seperti roti Hirata, yaitu kue kukus yang berasal dari Jepang.

Menurut pemilik restoran Gua Bao merupakan hidangan yang dimakan selama Weiya atau hari perayaan untuk menghormati dewa bumi setiap tahun.
"Dengan memakan roti Gua Bao, sama saja melahap semua nasib buruk dan perbuatan buruk tahun ini, jadi kamu bisa memulai tahun berikutnya dengan kebaikan," ujar Jack Lan, Pemilik Lan Jia Gua Bao.

Kini, Gua Boa juga mulai dikenal di London. Salah satu restoran di London yang menjual roti kukus ini ialah Bao London yang didirikan oleh Shing Tat Chung bersama rekannya Taiwan Erchen Chang dan Wai Ting Chung pada tahun 2014.

Awalnya Bao London hanya berupa bar dengan 6 tempat duduk, tetapi kini sudah memiliki empat lokasi yang berbeda di sekitar ibu kota Inggris. Semua tempat selalu memiliki antrean panjang.
Karena adanya perbedaan tentang roti Hirata dan Gua Boa, maka banyak orang di London yang menyebut roti tersebut dengan sebuatn 'Pab'.

Meskipun begitu antara Hirata dan Gua Bao sama-sama punya budaya dan arti kemakmuran tersendiri. Selain diisi dengan daging babi, Gua Bao juga bisa dikombinasikan dengan ayam goreng, telur dadar tiram dan lauk lainnya, sehingga bisa dijadikan sebagai menu makan siang. Lebih mirip sandwich gaya China.

sumber: food.detik.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.